Yuk! Berlibur ke Pantai Licin yang Menawan di Malang Selatan

foto by instagram.com/kota.wisata.batu.malang

Alamat: Dusun Licin, Desa Licin, Desa Lebak Harjo, Kecamatan Ampelgading
Map: Klik Disini
Jam Buka: Pagi – Malam
Harga Tiket Masuk: Gratis

foto by instagram.com/vitapuspita_s

Yuk! Berlibur ke Pantai Licin yang Menawan di Malang Selatan

Jika Anda masih bingung mencari destinasi liburan, Malang bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, Kota Apel memang terkenal memiliki beraneka ragam objek wisata yang sangat menarik dan patut untuk dikunjungi.

Ada banyak tempat- tempat di Malang yang eksotis dan keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di Bali.

Salah satu yang populer yaitu Pantai Tiga Warna dan juga Pantai Segara Anak yang berada di Pulau Sempu. Akhir-akhir ini, muncul lagi yang kerap booming akan keindahannya yaitu Licin Beach.

Lokasi Licin Beach Malang Selatan

foto by instagram.com/mamik_kristiana

Licin Beach adalah salah satu pantai baru di Malang. Maksudnya baru disini, bukan berarti pantai ini baru terbentuk melainkan tempat ini dulunya dikenal berada di negeri antah berantah dan jarang dikunjungi oleh masyarakat.

foto by instagram.com/bahrur_roji

Lokasi pantai ini agak terpencil, yaitu berada di perbatasan antara Malang dan Lumajang. Tepatnya berada di Dusun Licin, Desa Licin, Desa Lebak Harjo, Kecamatan Ampelgading.

Sebelum tiba di tempat ini, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu rute perjalanan atau medan yang harus dilalui saat menuju ke wisata ini. Disarankan bagi Anda yang ingin kemari, Anda perlu mempersiapkan fisik tubuh maupun kendaraan.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jalan yang dilalui sangat ekstrem, cukup menantang dan menguji adrenalin. Jalan yang dilalui berkelok-kelok dan juga sempit, serta kondisi jalan belum diaspal.

Harga Tiket Masuk Licin Beach

foto by instagram.com/ayopiknikmlg

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Licin Beach, tak perlu khawatir soal tarif tiket masuknya. Hingga kini, untuk memasuki kawasan baru ini, tidak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir.

foto by instagram.com/heartmanpolalo

Untuk kendaraan roda dua biasanya dipatok harga sekitar Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dipatok harga Rp 10.000.

Hal Menarik dari Licin Beach

foto by instagram.com/danangsetia_awan

Jika sedang berlibur di Malang, Licin Beach ini mempunyai keindahan yang sangat menarik dan juga tak kalah cantik dengan tempat lain pada umumnya. Ada banyak spot untuk berfoto bisa bagikan di instagram, Facebook, maupun Twitter.

Banyak sekali pengunjung datang ke tempat baru ini, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Uniknya, pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan berwarna hitam. Berdasarkan sejarahnya, pasir hitam di Licin Beach ini dulunya merupakan muntahan lahar dari gunung Semeru.

foto by instagram.com/abbyan_adam

Bagi Anda baru pertama kali mengunjungi tempat ini, pastinya akan terpukau dan terpesona dengan keindahannya. Wajar saja, apabila tempat ini dijuluki sebagai mutiara hitam di Malang. Hal ini dikarenakan, keunikan pantai berbeda dari pantai Malang lainnya.

Meskipun pasirnya hitam, tekstur pasir di sini sangat lembut. Sehingga, jika Anda ingin sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai, Anda tak perlu lagi menggunakan alas kaki. Sangat cocok dijadikan area bermain untuk semua kalangan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas renang. Keunikan alam lainnya bisa Anda jumpai di Licin Beach yaitu banyaknya aneka batu karang yang menjulang di muka pantai.

Lokasi bebatuan karang ini acak dan tak berpola. Sehingga, keberadaannya mampu membuat pemandangan pantai semakin cantik.

Sedikit tips untuk Anda, jika ingin berwisata ke Licin Beach, Kita perlu menjaga kebersihan pantai ini. Jangan sesekali Anda membuang sampah secara sembarangan, hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keindahan pantai dan mampu menjadikannya salah satu pantai favorit di Malang.

Pantai ini juga menghadap ke arah Samudera Hindia. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa pantai ini bukan berupa teluk. tempat ini memiliki karakteristik ombak yang cukup tenang. Untuk reputasi laut selatan, pantai ini adalah pilihan yang tepat dijadikan destinasi wisata.

Terutama bagi yang menginginkan tempat sepi dan tenang guna menghilangkan stress dan penat usai sibuk bekerja.

Konon, warna hitam pasir ini dulunya memiliki nama asli Pantai Pasir Putih. Namun, warna hitam pada pasir tersebut disebabkan oleh aktivitas vulkanik.

Material vulkanik tersebut terbawa oleh sungai Glidik yang bermuara di sisi timur. Kemudian, terbawa oleh ombak dan merata di sepanjang Licin Beach.

Sejarah Licin Beach

foto by instagram.com/mirairianti07

Julukan untuk Licin Beach sendiri cukup unik dan menarik untuk di bahas. Hal ini bermula pada tahun 1960-an, pantai ini dikenal sangat licin dikarenakan banyaknya lumut yang tumbuh di sekitarnya.

Lumut-lumut tersebut banyak tumbuh lantaran dulunya pantai ini masih dikelilingi oleh hutan yang lebat. Oleh sebab itu, nama licin disematkan sebagai julukan pasir hitam tersebut.

Menurut informasi, Pemerintah Kecamatan Ampelgading telah berencana untuk memperbaiki jalan menuju ke tempat ini. Hal ini tentu menjadi berita baik bagi penduduk sekitar tempat ini. Selain itu, semua pengunjung tentu akan senang dapat berkunjung ke tempat ini dengan mudah.

Wisata yang berlokasi di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang ini, memang masih sepi pengunjung alias jarang terjamah oleh manusia. Wajar saja, apabila pantai ini sangat cocok dijadikan tempat yang bermanfaat untuk menghilangkan stress dan penat.

Anda bisa bersantai tanpa terganggu dengan kebisingan dalam bentuk apapun. Anda juga bisa berdiam diri di pinggir pantai sembari memandangi laut lepas dan deburan ombak yang menggulung tiada henti.

Rute Perjalanan Menuju Licin Beach

foto by instagram.com/nimaspurwaty

Seperti yang Anda ketahui, rute perjalanan atau medan jalan menuju Licin Beach memang cukup menantang dan ekstrem. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda perlu menggunakan motor yang memiliki kondisi prima bukan matic.

Mengapa demikian? Hal ini diharapkan agar kendaraan yang Anda gunakan sanggup menghadapi medan jalan yang sangat ekstrem tersebut.

Adapun rute yang bisa Anda ambil dari kota Malang yaitu bisa langsung menuju ke Dampit dan mencari papan petunjuk arah menuju Tirtoyudo.

Kemudian, Anda bisa menuju Ampelgading. Untuk lebih lengkapnya, bisa menggunakan rute perjalanan berikut.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Malang, bisa menggunakan rute sebagai berikut: dari Malang Kota menuju ke Kecamatan Bululawang, kemudian menuju ke Kec. Turen, dilanjutkan kembali ke Kec. Dampit.

Selanjutnya, bisa menuju ke Kec. Tirtoyudo, barulah bisa tiba di Kec. Ampelgading dan melakukan sedikit perjalanan menuju Desa Lebakharjo. Tentunya medan jalan akan dilewati tidak semulus jalan tol melainkan cukup ekstrem dan menantang.

Namun, apabila Anda melakukan perjalanan dari Desa Lebakharjo, maka beberapa pilihan jalur yang bisa Anda lalui yaitu :

Dari Desa Lebakharjo, Anda bisa menuju ke Desa Tempursari, kemudian bisa tiba di Dusun Licin. Cara mencapai lokasi Dusun Licin ini, tidak diperlukan mobil.

Bisa menempatkannya di tempat parkir yang telah disediakan lalu meneruskan perjalanan kembali menggunakan ojek. Bagi Anda yang menggunakan motor, Anda bisa langsung menuju ke pantai.

Sedangkan, jika dari Lebakharjo dan akan menuju Dusun Licin, Anda bisa menggunakan jalur ini dan melewati hutan belantara. Tentunya, untuk tiba di lokasi Anda harus menggunakan motor, mengingat kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati oleh mobil.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Butuh bantuan ?