Pesona Alami Pantai Sipelot yang Masih Belum Terjamah

foto by instagram.com/mbak_itin

Alamat: Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Nomor Telepon:
HTM: Gratis
Jam Buka: Setiap Hari 24 Jam

Pesona Alami Pantai Sipelot yang Masih Belum Terjamah

foto by instagram.com/fadillah_akbar08

Sipelot Beach merupakan salah satu rekomendasi pantai bagi Anda yang menyukai petualangan dan selalu ingin menemukan sesuatu yang baru. sebab, kondisi Sipelot Beach masih sangat natural dan keberadaannyab belum banyak diketahui sehingga masih jarang wisatawan yang datang menjamah.

Keindahan Sipelot Beach membuat banyak pengunjung memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda di tepi pantai agar bisa menikmati sensasi api unggun di tengah romantisme suasana malam Sipelot Beach.

Asal Mula

foto by instagram.com/adisan74

Konon, menurut cerita pantai ini sering dijadikan sebagai tempat persinggahan pada zaman penjajahan. Sehingga pantai ini diberi nama Sipelot yang berasal dari bahasa Belanda dengan arti singgah. Selain itu, Sipelot juga dikenal dengan nama Pujiharjo.

Untuk nama yang ini dilatar belakangi oleh lokasinya yang tak jauh dari desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo. Kesejukan alami yang disuguhkan Sipelot Beach karena terdapat perbukitan kapur disekelilingnya.

Selain itu juga terlihat begitu hijau dan menyegarkan karena di sekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan.

Akses Jalan

foto by instagram.com/amandalagi123_real

Jalan menuju Sipelot Beach cukup mudah diakses menggunakan kendaraan bermotor. Medannya terbilang bagus karena sudah beraspal dan juga telah dilengkapi papan petunjuk.

Meskipun Anda masih akan menemukan aspal rusak di beberapa titik. Selain itu, Anda tetap harus berhati-hati karena jalanan menuju lokasi Sipelot Beach ini naik turun dan berkelok-kelok.

Rute menuju objek wisata

foto by instagram.com/_regginanevy

Kendaraan Umum:

Meskipun akses dari Kota Malang cukup gampang, namun Anda harus membawa kendaraan pribadi. Lantaran masih belum tersedia kendaraan umum menuju ke arah pantai ini.

Kendaraan Pribadi:

Jika Anda berangkat dari pusat kota Malang maka arahkan kendaraan ke Gadang. Selanjutnya menuju Bululawang, lanjut untuk melewati Turen, Dampit, hingga kemudian ke Tirtoyudo. Dari situ, jika bertemu pertigaan ambil arah kanan dan sampailah di Desa Pujiharjo.

Dari Desa Pujiharjo Anda masih harus menempuh rute yang masih cukup jauh. Namun, Anda tak akan kecewa karena view yang cantik tersaji di sepanjang perjalanan, seperti tambak udang yang cukup luas, kebun pisang dan kebun kopi.

Di kanan dan kiri jalan akan terlihat pemandangan tebing dan jurang. Sesekali Anda juga bisa melihat luasnya Samudra Hindia dari atas bukit.

Dari desa Pujiharjo sendiri terdapat 2 cara untuk mencapai Sipelot Beach, yaitu dengan berjalan kaki menyusuri bukit ke arah barat atau menyewa perahu nelayan dengan tarif Rp. 25.000 per orang.

Pesona Wisata

foto by instagram.com/adisan74

ketika pertama kali menginjakkan kaki di hamparan pasirnya yang berwarna coklat susu lemparkanlah pandangan mengikuti irama ombak kecil yang menerpa bibir pantai.

foto by instagram.com/liana_lep

Ombak di laut dengan dalam 10 meter ini tergolong tak terlalu besar. Sebab, telah tersaring di melengkungnya bibir pantai berbentuk teluk serta dua cerukan di sebelah kanan dan kiri pantai.

Terdapat sebuah muara kecil di ujung timur pantai ini yang akan menjamin Anda betah untuk berlama-lama bermain air. Sungai dengan air tawar ini tentu mempermudah pengunjung yang berencana mengingap menggunakan tenda.

foto by instagram.com/irwant_

 

Air tawar tersebut dapat dimanfaatkan untuk direbus, memasak, juga mandi. Di sebelah muara Anda bisa menemukan sebuah tebing tinggi dengan bongkahan batu-batu besar .

Pesona Sipelot Beach tidak hanya sampai di situ saja. Terdapat daya tarik lain pada air terjun berdiri kokoh di dekat pantai yang biasa disebut Coban Sipelot. Coban dengan tinggi sekitar 10 meter ini memiliki aliran air jatuh dari atas yang cukup deras.

foto by instagram.com/malangchannel

Air terjun ini bisa Anda lihat dengan jelas dari pinggir pantai. Namun untuk mencapainya, terdapat teluk yang harus terlebih dahulu diseberangi dengan memanfaatkan jasa perahu nelayan bersandar di pantai.

Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu untuk perjalanan pulang-pergi menuju coban. Ketika Anda sampai di air terjun Sipelot ini suasana sejuk seketika akan menyeruak menerpa wajah.

Satu lagi fenomena unik yang bisa dijumpai disini bernama Watu Gedek. Watu Gedek merupakan sebuah karang bentuknya mirip dengan dinding dari anyaman bambu.

Aktivitas Wisata yang Bisa dinikmati

foto by instagram.com/andiugal23
  • Melihat indahnya hempasan pasir putih oleh deburan ombak laut yang tiada hentinya.
  • Duduk bersantai dibawah teduhnya pepohonan di sepanjang tepi pantai.
  • Menikmati kesejukan hijaunya perbukitan tinggi.
  • Menjelajah keindahan air terjun Coban Sipelot.
  • Anda juga bisa menikmati indahnya laut dengan memakai perahu sambil menggunakan sampan.
  • Swa foto disekitar Watu Gedeg atau sebutan sebuah karang yang mirip dinding dari bambu.
  • Berkemah juga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Langit malam di pantai ini pasti sayang untuk dilewatkan dan disambut indahnya sunrise di waktu pagi.

Jika belum puas dengan Sipelot Beach, Anda bisa meneruskan perjalanan ke wisata terdekat yakni Pantai Tenger. Lokasinya di teluk, mirip-mirip Pantai Pasir Putih dengan jalan tempuh yang memacu adrenalin.

Saat Minggu biasanya Ombak cukup besar. jantung akan terpacu melintasi laut dengan warna biru tua. lokasi-lokasi tersebut bisa disinggahi dalam satu paket harga sewa perahunya Rp 300.000 PP.

Fasilitas di Sekitar Sipelot Beach

1. Hotel dan Penginapan

Sebaiknya menginaplah di kota Malang jika Anda datang dari luar kota untuk mempermudah mencari makan dan keperluan lainnya. Karena, di sekitar pantai ini masih belum bisa didapatkan hotel yang bagus.

2. Rumah Makan

Di area Sipelot Beach Anda suadh bisa menjumpai warung – warung (meskipun jumlahnya belum terlalu banyak) menyediakan makanan dan minuman dengan harga standar.

3. Toilet Umum

Di dalam kawasan objek wisata Sipelot Beach sudah tersedia sarana toilet umum.

4. Tempat Parkir

Belum terdapat parkiran khusus di lokasi wisata Sipelot Beach ini, namun jika Anda berencana bermalam dengan medirikan kemah, maka kendaraan bisa dititipkan di rumah warga.

5. Mushola

Terdapat mushola di pinggir pantai dapat digunakan oleh pengunjung ingin menunaikan ibadahnya.

Tips Berwisata di Sipelot Beach Tumpel Gading

a) Terdapat tiga area di Sipelot Beach. Untuk area tengah biasanya akan digunakan para nelayan untuk menyandarkan perahunya. Jadi, sebaiknya Anda memilih pantai yang berada di sebelah kanan atau kiri karena selain lebih sepi juga terdapat air payau.

b) Jika berkunjung ke Coban Sipelot, ada baiknya memilih sebelum laut surut untuk kembali ke tempat penjemputan (perahu pengantar). Sebab, ada banyak batu-batu di pesisir pantai. Sehingga perahu nelayan sulit keluar jika tidak segera pergi.

c) Mengingat perjalanannya yang melelahkan, jika merencanakan pergi ke Sipelot Beach sebaiknya sekalian menginap (berkemah).

d) Ombak yang cukup besar sebagai ciri khas pantai selatan membuat pengunjung tidak diperkenankan berenang di Sipelot Beach ini.

e) Terutama bagi Anda yang berencana untuk berkemah lebih baik membawa bekal makanan dan minuman sendiri, sebab masih jarang warung di Sipelot Beach.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Butuh bantuan ?